Cari Blog Ini

Rabu, 28 Maret 2012

Zen: Sepersekian detik waktu dan sepersekian sempit ruang dalam sekecil apapun kejadian

Setiap hari selalu ada hal-hal yang kita alami dalam hidup ini yang kita abaikan sebagai suatu keberuntungan atau suatu kesempatan atau hanya sesuatu yang lewat begitu saja. Tentu saja hal ini terjadi karena ada waktu-waktu tertentu dalam peristiwa yang melemparkan kita hingga
benar-benar kehilangan keseimbangan atau membuat kita merasa lemah atau merasa takut. 

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu nikmat yg kekal, yg tidak berpindah dan hilang. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keamanan dalam hari ketakutan."
 
Saya berpikir bahwa sebagian besar waktu yang kita alami, begitu banyak berhubungan dengan rutinitas sehari-hari kita, entah itu pekerjaan, perjalanan dinas, tugas rutin dan sejenisnya. Semua hal tersebut menyebabkan kita lupa untuk memperhatikan hal-hal di sekitar kita yang membuat hidup kita lebih baik. Padahal ...

Dibutuhkan satu pohon untuk membuat ribuan korek api namun butuh satu korek api untuk menghancurkan ribuan pohon.
Satu peristiwa yang membuat kita berpikir negatif dapat menghancurkan ribuan hal yang kita bangun untuk berpikir positif.

Sesungguhnya tidak ada saat-saat yang biasa, tidak ada menit atau detik yang berarti di saat kita tidak peduli apa yang sedang terjadi dalam hidup kita, Dan yang paling penting adalah bahwa kita tidak akan pernah kembali ke “saat-saat yang berlalu tanpa pengenalan” tersebut. Jadi, saudarakau, sangatlah masuk akal bagi kita untuk mencari , mengakui dan mensyukuri “hadiah harian” yang berasal dari alam semesta.

“ Jika anda membiarkan sesuatu yang kecil berlalu, anda akan menemukan hal yang kecil juga. Jika anda membiarkan lebih banyak hal berlalu, anda akan meraih lebih banyak kedamaian. Jika anda benar-benar membiarkan seluruhnya berlalu, anda akan mendapatkan seluruh kedamaian”.

Seperti pagi ini disaat diri saya terbangun mendengar kicau burung di luar jendela, kemudian bangkit dan membuat secangkir teh panas yang harum dan beberapa roti bakar mentega yang hangat. Kemudian siang hari saya menemukan anak saya mendengkur terlelap di tempat tidur yang terkena hangatnya sinar matahari. Saya menikmati saat-saat bermain dengan anak saya, sementara semua perasaan saya bersyukur terhadap hal-hal yang kecil, atas banyak hadiah kecil yang menyenangkan dalam hidup saya, seperti teh panas, anak saya yang selalu menggoda saya dan burung yang selalu bernyanyi.

Pada pandangan pertama, hal-hal ini mungkin tampak agak tidak penting, saudaraku, tetapi ketika saya berpikir tentang apakah hidup seperti ini mungkin tanpa mereka, saya menjadi lebih menghargai mereka semua, lebih besar dan lebih indah daripada apa yang mereka tampakkan. Dan jika Anda memikirkannya, Anda mungkin setuju bahwa hal-hal kecil adalah apa saja yang membuat kita gila atau membuat kita bahagia. Oleh karena itu, hal-hal kecil dalam hidup itu benar-benar penting, bahkan mungkin jika mereka tidak tampak pada saat itu.

Orang menaiki tangga tentu dimulai dari tangga yang paling bawah, setapak demi setapak barulah sampai diatas. Manusia sendiri dilahirkan dan menjadi bayi,anak-anak, remaja, dewasa, kemudian menjadi tua. Demikian pula untuk menjadi sesuatu yang besar tentunya berawal dari hal-hal yang kecil. Jangan pernah kita menyepelekan sesuatu yang kita peroleh meskipun kecil sekali, karena dari awal yang kecil itu kita akan mendapatkan hal yang lebih besar.

Bagi saya, hal terbaik untuk mengenali saat-saat seperti itu adalah bahwa ketika saya memperhatikan dan membuka diri ini kepada mereka. Saya melihat hal-hal tersebut dengan semua keluarbiasaan dan dengan perasaan seakan-akan seperti saya dapat menarik lebih banyak daripada yang hal-hal itu tampakkan. Tentunya dengan cara saya sendiri. Hasil akhirnya adalah bahwa saya merasa lebih bahagia dan lebih mendalami hidup saya apa adanya. Hingga saya akan mempertimbangkan setiap hari secara berbeda sebagaimana apa adanya dengan cara saya sendiri.

Apakah orang-orang sedikit lelah hari ini? Energi di sekitar Anda mungkin sedang jenuh, tetapi jangan biarkan hal itu mempengaruhi suasana hati Anda. Cobalah untuk membawa diri anda pada ketenangan dan getaran terpusat menghadapi depresi dan stres yang sedang berputar-putar melalui hari-hari Anda. Sebuah niat positif untuk mendalami Zen bisa mengubah mood anda secara keseluruhan.

Saudaraku, sedikit keajaiban terjadi setiap hari. Bunga-bunga yang mekar, bayi-bayi yang dilahirkan, sinar matahari yang menghangatkan kulit kita, membuat kita tetap hidup. Meskipun kecil, semua itu merupakan bagian dari pernapasan hidup ini, pernafasan alam semesta. Saya berharap bahwa pekan ini Anda akan meluangkan waktu untuk mengenali kehangatan semesta, saat khusus yang Anda luangkan untuk merasa baik tentang diri Anda dan dunia di sekitar Anda.

You can't be bothered to do things the easy way today -- you'd much rather take chances and bet big on risky bets. It's one of those days when living large might actually pay off for you.